• English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    8 Hal Yang Mengecewakan Calon Pelanggan


    Membina hubungan baik dengan pelanggan, tentunya menjadi strategi pemasaran yang
    terbilang cukup efektif untuk mendatangkan transaksi penjualan. Bila selama ini hubungan
    Anda dengan para pelanggan terjalin cukup baik, tidak menutup kemungkinan bila pelanggan Anda akan semakin loyal dengan bisnis yang Anda jalankan. Dan begitu juga sebaliknya, apabila pelanggan merasa kecewa dengan pelayanan yang Anda berikan, maka bisa dipastikan bila dikemudian hari mereka pun akan berpaling ke perusahaan lain.
     

    Karena itu, untuk menghindari hal-hal yang dimungkinkan bisa mengecewakan para
    pelanggan. Berikut ini kami informasikan 8 hal yang mengecewakan calon pelanggan dan perlu Anda hindari dari sekarang.


    1. Ketidakpastian
    Pada dasarnya setiap konsumen tidak menyukai sesuatu yang belum pasti. Mereka
    membutuhkan kepastian informasi secara mendetail sebelum akhirnya mereka percaya untuk melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, pastikan bahwa informasi yang Anda sampaikan benar-benar valid agar konsumen Anda tidak kecewa dengan informasi yang Anda berikan.


    2. Diabaikan
    Banyak yang mengibaratkkan bahwa “Pembeli adalah raja”. Karena itu jangan sekali-kali
    mengabaikan calon pelanggan, jika bisnis Anda ingin berkembang besar. Jadikan setiap
    pengunjung toko Anda sebagai pelanggan istimewa. dan layani mereka dengan sebaikbaiknya.


    3. Tak memahami kebutuhan pelanggan
    Terkadang sebagai seorang pelaku usaha, kita sering lupa dengan apa yang dibutuhkan
    pelanggan. Kita hanya memikirkan besarnya keuntungan yang didapatkan dan
    mengesampingkan apa yang sebenarnya dicari para pelanggan. Karenanya tidak heran bila
    sekarang ini banyak produk yang persediaannya kosong, padahal produk tersebut banyak
    dibutuhkan calon pelanggan.


    4. Janji palsu
    Untuk menarik minat calon pelanggan, tak jarang para pelaku usaha mengumbar segudang
    janji untuk mendatangkan simpati positif dari khalayak ramai. Namun dari strategi promosi
    tersebut, tak sedikit perusahaan yang akhirnya mengingkari janjinya dan mengecewakan para pelanggannya. Untuk menghindari kemungkinan seperti ini, sebaiknya sesuaikan kemampuan Anda sebelum akhirnya memberikan iming-iming (janji) kepada calon pelanggan Anda.


    5. Membatasi pelayanan sesuai RAS
    Setiap pelanggan tentunya memiliki hak yang sama di mata para pelaku usaha. Oleh karena
    itu jangan pernah membatasi atau membedakan pelayanan berdasarkan suku, agama, atau
    latarbelakang yang mereka miliki. Mulailah berpikir global untuk menghadapi persaingan
    pasar.


    6. Tidak mau mengalah
    komplain pelanggan
    Bagaimanapun juga, konsumen memegang peranan penuh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Karena itu ketika menghadapi komplain dari para pelanggan, usahakan bahwa Anda  tetap bersikap tenang dan tidak segan-segan mengalah untuk mengembalikan kepercayaan para pelanggan. Sebab, apabila kita tidak mau mengalah dan melawannya dengan beragam
    bantahan, bisa dipastikan bila emosi pelanggan semakin memuncak dan tidak menutup
    kemungkinan bila kejadian tersebut akan membawa efek buruk bagi perkembangan bisnis
    kita.


    7. Ceroboh dan kurang profesional
    Meskipun bisnis Anda terbilang kecil, namun sebaiknya Anda memperhatikan profesionalitas kerja dan mengoreksi setiap detail pekerjaan yang Anda jalankan. Sebab, pada dasarnya setiap pelanggan tidak menyukai kecerobohan atau kesalahan para pelaku usaha yang hanya akan menunjukan kurangnya profesionalitas yang mereka miliki.


    8. Kebohongan pelaku usaha
    Ketika menjalin sebuah hubungan kerjasama, kejujuran menjadi modal awal Anda untuk
    membangun kepercayaan kedua belah pihak. Ketika salah satu pihak dengan sengaja
    berbohong atau menyembunyikan sebuah informasi, maka tidak menutup kemungkinan bila
    kepercayaan pihak lainnya akan menghilang untuk selamanya. Karena itu pastikan bila semua promosi yang Anda sampaikan tidak mengandung unsur kecurangan, dan pastikan bila informasi yang Anda berikan juga berdasarkan kenyataan yang Anda ketahui bersama.


    Semoga 8 tips pemasaran yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi
    para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung memasarkan produkproduknya.
    Maju terus UKM Indoensia dan salam sukses!


    0 komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan beri komentar tapi jangan komentar yang bernada spam ya. thanks :)